Laman

Senin, 08 Juli 2013

BIMBINGAN MENULIS ARTIKEL DAN BUKU POPULER

Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya

Pernahkah Anda bermimpi menjadi seorang penulis? Benarkah untuk menjadi penulis harus orang yang berbakat? Sesungguhnya keterampilan menulis tidak ditentukan oleh faktor bakat atau genetis. Menulis lebih erat hubungannya dengan potensi daripada bakat yang dimiliki. Siapa pun orangnya bisa menjadi penulis, asal ada kemauan, mau peduli, peka, dan tanggap terhadap persoalan-persoalanyang sedang hangat terjadi.
Kegiatan menulis merupakan bagian hidup yang tak terpisahkan dari peradaban manusia. Hasilnya sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan di semua aspek kehidupan, baik dalam bidang akademis, sosial, politik, atau bisnis.





Bahkan seorang pakar belum sah kepakarannya jika ia belum memiliki karya tulis.
Melalui kegiatan menulis, seseorang akan dapat meraih keberhasilan di bidang yang ia tekuni. Namun tidak banyak orang yang mampu membuat tulisan yang baik dan enak dibaca. Menulis adalah kemampuan dalam menyampaikan ungkapan dan kreativitas memindahkan ide-ide, gagasan, pemikiran, memberikan keyakinan, penjelasan, petunjuk, informasi, dan menyampaikan berbagai pengalaman batin, perasaan, imajinasi, impian, dan khayalan ke dalam bentuk tulisan.

Salah satu fungsi tulisan adalah untuk memberikan pencerahan kepada publik. Membuat mereka yang sebelumnya tidak tahu tentang sesuatu, setelah membaca tulisan Anda, mereka menjadi tahu. Secara tidak langsung Anda telah melakukan hal kecil yang bisa berdampak besar bagi kemajuan sebuah bangsa. Menulis adalah ilmu, ada teori dan aturannya. Menulis adalah seni, perlu kreativitas dan inovasi. Perlu kesetiaan untuk terus menggali potensi diri, mendalami berbagai teknik pengembangan, dan semangat dalam meningkatkan ilmu pengetahuan. Menulis terlahir dari orang-orang yang cerdas dan sadar, bahwa potensi yang diberikan Tuhan perlu dimanfaatkan.

Jika Anda ingin menjadi penulis yang sukses, padukan antara kemauan, ilmu, dan kesempatan. Jika ketiga unsur tersebut telah berpadu, maka Anda akan memiliki semangat untuk terus berkarya, menjadi seorang penulis yang diperhitungkan. Banyak hal yang selama ini terpendam dalam diri seseorang, kelihatan terpancar begitu indahnya setelah dituangkan dalam bentuk tulisan. Ternyata, mereka bisa menulis semudah mereka bercakap-cakap dengan lisan.

Dengan menulis, Anda akan menemukan jati diri Anda yang sebenarnya. Anda benar-benar akan tersenyum bahagia, ketika tulisan Anda dimuat di majalah, atau di surat kabar, dipajang di berbagai toko buku, dan dibaca oleh banyak orang. Anda layak menjadi orang yang patut dibanggakan. Ketika impian menjadi seorang penulis dapat Anda wujudkan. Ada kepuasan tersendiri yang dapat Anda rasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar